Gallery

Bunker Kali Adem

Wisata di Jogja khususnya di lereng merapi memang sangat beragam. Salah satunya yaitu bunker kaliadem yang terletak di desa kaliadem, Di desa ini yang terkenal adalah bunker kaliadem sebenarnya tempat ini adalah bagunan yang di buat oleh warga atau masyarakat sekitar yang berbentuk ruangan didalam tanah yang jika dilihat dari luar hanya terlihat seperti lubang gua yang masuk ke dalam tanah. Sebenarnya bangunan yang biasa di sebut bunker ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat perlindungan ketika sewaktu waktu terjadi letusan gunung merapi.
Membicarakan tentang bunker ini ternyata bunker ini juga diselimuti kisa mistis. Dengar dari ceria warga di bunker ini sering terdengar suara aneh seperti suara seorang yang sedang menangis dari dalam bunker saat sore hari.
Sisa-sisa pasir dam permukaan tanah tandus yang luas yang berada disekitar bunker tersebut. untuk masuk kedalam bunker kaliadem ini kita harus menuruni beberapa tangga. Kondisi yang ada di dalam bunker ini memang sunyi dan gelap. Sebelum memasuki ruangan bunker atau tepatnya setelah menuruni tangga kita dihadang oleh pintu bunker yang terbuat dari besi yang harus disorong dengan kuat untuk membukanya.

bunker kaliademRuangan bunker yang lebarnya kira-kira sebesar ruang kelas dan bentuknya setengah lingkaran. Di dalam bunker ini terdapat bekas lahar panas yang telah membatu di tengah ruangan. Ruangan ini lumayan gelap karena satu-satunya sumber cahaya hanya berasal dari pintu yang digunakan untuk masuk.
Kisah tragis yang melekat di bunker ini konon katanya sempat ada 2 orang relawan tewas terkena lahar di bunker ini. Keduanya di temukan tewas dan jenazahnya di dalam toilet bunker. Dijamin ketika kalian mendengar langsung cerita warga sekitar bunker kaliadem ini akan membuat bulu kuduk kalian berdiri.
Erupsi merapi pada tahun 2010 memang menyapu bersih 3 dusun di cangkringan 3 desa tersebut adalah desa kaliadem, desa jambu, desa petung. Maka dari itu sampai sekarang bekas 3 dusun itu masuk kedalam zona kawasan rawan bencana. Sehingga sampai sekarang tidak ada yang diperbolehkan menempati atau dijadikan sebagai pemukiman penduduk.
Untuk kondisi Dusun kaliadem sendiri sekarang masih jarang pepohonan yang tumbuh subur. Dusun ini sampai sekarang masih dominan hamparan pasir. Yang ramai di kawasan ini adalah aktivitas para penambang pasir yang menambang di area lahan pekarangan warga.
Mungkin seperti itu gambaran kondisi bunker yang terletak di dusun kaliadem ini.

LEAVE A REPLY

Open chat
Adventure Lavatour Merapi Seru Lo..
Powered by